Selasa, 30 Juni 2015

BUBUT / LATHE / TURNING (BAGIAN 1)



BUBUT / LATHE / TURNING (BAGIAN 1)







Turning is an engineering machining process in which a cutting tool, typically a non-rotary tool bit, describes a helical toolpath by moving more or less linearly ...

      
Proses pembubutan adalah proses permesinan untuk menghasilkan bagian-bagian mesin berbentuk silindris yang dikerjakan dengan menggunakan mesin bubut. Prinsip kerjanya dapat didefenisikan sebagai proses permesinan permukaan luar benda silendris atau bubut rata:
   -     Dengan benda kerja yang berputar
   -     Dengan satu pahat bermata potong putar (with a single point cutting tool) .
   -     Dengan gerakan pahat sejajar terhadap sumbu kerja pada jarak tertentu sehingga akan membuang permukkan luar benda kerja.
      Proses bubut permukaan (surface tunning) adalah proses bubut yang identik dengan proses bubut rata, tetapi arah gerakan permukaan tegak lurus dengan sumbu benda kerja. Proses bubut tirus (taper tunning) sebenarnya identik dengan proses bubut rata diatas, hanya jalannnya pahat membentuk sudut tertentu terhadap sumbu henda kerja.               Demikian pula proses bubut kantar, dilakukan dengan cara mempariasikan kedalamam potong, sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Walaupun proses bubut secara khusus menggunakan pahat bermata potong tunggal, tetapi proses bubut bermata potong jamak tetap termasuk proses bubut juga. Karena pada dasarnya setiap pahat bekerja sendiri-sendiri. Sementara itu proses pengaturan (setting) pahatnya tetap dilakukan satu persatu.
               Gerakan putar dari benda kerj disebut gerak potong relatif dan gerakan translasi dari pahat disebut gerakan umpan dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan tranlasi pahat maka diperoleh bermacam-macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi tranlasi yang menghubungkan proses spindel dengan poros uli.

1.      Operasi Mesin Bubut       
Operasi yang dapat dilakukan mesin bubut terdapat beberapa jenis yang dapat dikerjakan seperti berikut:
a. Pembubutan
b. Pengobaran
c. Pengerjaan tepi
           d. Penguliran
           e. Pembubutan Tirus
            f. Penggurdian
            g. Meluaskan luang    

   oke sekian dulu kita belajar bubut nya lanjut ke bagian ke dua ya,,






1 komentar:

  1. lumayan bisa mengulan kembali pelajaran tehnik bubut...makasih boss blog nya sangat manfaat buat saya,ditunggu part 2 nya

    BalasHapus